Satria NB: Manajer, Majalah Dan Musik

Bagi generasi 90’s atau 2000’an nama Satria Nurbambang atau sapaan akrabnya mas Iyo ini sudah tidak asing lagi, pentolan dari band Pure Saturday ini dulu sempat membuat wadah kreatif bernama Ripple Magazine, hadirnya zine kolektif ini bisa memberikan dampak positif yang masif untuk mengangkat isu sub-kultur serta beberapa hal yang under the radar agar pelaku kreatif lebih terekspos mendapat highlight khususnya apa yang sedang hype di Bandung. 

Satria NB with Lee Cooper

Selain seorang musisi, mas Iyo ini juga seorang manajer band, pemilik usaha kuliner dan kini sedang disibukkan berpetualang di bawah bendera Los Lobros menelusuri hidden gem setiap kota yang ada di Indonesia bersama Bobby Mandela. Berikut sedikit percakapan bersama mas Iyo yang bisa kamu simak di bawah ini. 

Halo mas Iyo, apa kabar? Lagi sibuk apa nih?

Hallo, sekarang lagi banyak keluar pulau untuk bikin Video LOS LOBROS bareng sama Bobby Mandela, sama urusin Single Baru Si Pure Saturday, judul nya Fleeting away

Bisa diceritakan mas Iyo awal mula masuk ke dalam dunia musik?

Berawal dari pertemanan Kampus di Seni Rupa ITB dan bikin majalah RIPPLE Magazine

Apakah pernah memanajeri band profesional sebelum Pure Saturday? Atau Pure Saturday adalah band profesional pertama yang dimanajeri?

Haha sebenernya ngurusin Band mah sama-sama aja, mau istilah nya band besar atau band kecil, band independent atau band apapun perlakuan nya sama, intinya kita musti tau potensi dan kemana arah band itu arahnya. 

Saya ga punya basic management atau apapun, saya cuma harus paham aja bagaimana satu kondisi band tersebut. Karena tidak ada satu band pun yang karakternya sama.

Mas Iyo juga sempat menjadi manajer band Taring, apakah ada kesulitan serta treatment khusus berhubung lintas genre dari Pure Saturday?

Ketika kita paham dan suka sama satu band dan paham dari karakter personal nya pasti bisa bisa aja, karena kalau saya sih secara musik dengerin banyak genre dan anak-anak taring pun dengerin si Pure Saturday kok.

Pertimbangan apa mas Iyo shifting, awalnya sebagai sosok dibalik layar (manajer) band kini menjadi garda depan (vokalis) band?

Ternyata hubungan kedekatan tuh penting buat beberapa band, dimana mereka gak usah canggung lagi sama orang baru dan kenapa saya meng ‘iya’ kan dan menerima karena buat mereka susah nyari yang mau jadi vokalis Pure Saturday hehe dan sebelumnya kan saya udah punya projekan band Bersama anak-anak Pure Saturday, nama band nya THE JONIS, cari aja di spotify atau youtube, ada kok.

Siapa sosok yang menginspirasi mas Iyo khususnya dalam berkesenian?

Saya banyak terinspirasi sama teman-teman dekat saya aja, mereka bisa konsisten dan hidup dari musik

Satria NB Pure Saturday with Lee Cooper

Berbicara media, bisa ceritakan sejarah dibalik Ripple magazine? 

RIPPLE awalnya media propaganda dari 347 BOARDRIDER Company, yang sekarang Namanya jadi UNKL347, media buat memfasilitasi (pada saat itu tahun 1999) Scene  atau Bahasa Indonesia nya Skena, karena gak banyak wadah untuk membawa mereka keruang media yang lain pada saat itu. 

Bermula dari Studio Seni Grafis ITB, saya dan Dendy Darman memulai bikin Majalah RIPPLE.

Bagaimana cara me-maintenance sebuah media? Karena bisa dibilang melewati beberapa zaman, zaman 90’an dimana internet sangat terbatas sekali, zaman 2000’an meskipun internet sudah masuk tetapi hanya beberapa kalangan saja yang bisa mengakses dan zaman 2010 hingga sekarang dimana lalu lintas informasi serta akses internet yang sangat cepat dan masif?

Ketika kita buat Media, tujuan kita apa? Mau jadi Follower atau memberi opini lain untuk Publik? Sisa nya sih ngikutin hehe

Isu Ripple favorit? Kenapa?  

Edisi TONO, karena itu edisi yang paling gak penting dan Ngaco haha

Edisi Dian Satrowardoyo, dimana lu selalu merasa ‘Crush’ haha

Satria NB Pure Saturday

Masih mengikuti musik masa kini?

Jujur aja kurang, gak semua gua ikutin, tapi gua sangat percaya banget sama potensi anak-anak zaman sekarang, apalagi yang peduli sama attitude band nya sendiri.

Pengaruh era digital menurut mas Iyo terhadap proses berkreatif terlebih media komunitas yang banyak bermunculan?

Kelebihan makan bikin kita jadi muntah, kekurangan nutrisi bikin kita bodoh, yang paling asik adalah bagaimana kita bisa menghasilkan bikin greget, punya karakter dan berkelas di tengah arus informasi ini, enjoy your time,  percaya aja kita nggak akan ketinggalan kereta.. karena lu udah beli tiket nya.

Musisi inggris yang mempengaruhi mas Iyo dalam bermusik?

The Cure, The Smits & Genesis

Momen terindah bersama Pure Saturday?

Setiap kali ada perubahan dan bisa melewatinya.

Rencana terdekat bersama Pure Saturday? 

Bikin makam keluarga buat Pure Saturday :)

This or that  

- Vespa/Lambreta?   Lambreta

- Parka/Harington?  Parka

- Jeans/Chino?  Chino

- Clarks/Martens? Clarks

- Blur/Oasis? NONE hehe

 

📸 foto oleh:

@puresaturdaybdg

@rifqiluthfan

Shop now