Apa itu Raw Denim dan Washed Denim?

Semua orang pasti punya produk yang terbuat dari bahan denim, baik jeans, jaket dan juga aksesoris seperti tote bag. Terdapat beberapa istilah untuk produk yang terbuat dari bahan denim ini. Istilah umum atau yang mungkin familiar dengan orang awam yakni Raw denim dan wash denim, walaupun sebenarnya masih banyak istilah lain dari yang disebutkan sebelumnya.


Bagi orang awam mungkin raw atau wash denim ini sama-sama produk yang terbuat dari denim tanpa peduli dengan detail atau material, baik dari raw atau wash denim. Mari kita ulas kedua jenis denim tersebut.


  • Raw Denim
  • Secara harafiah raw denim adalah bahan / lembaran yang masih mentah tidak ada pola layaknya kanvas kosong. Memang betul, namun dalam istilah fashion khususnya dunia denim atau jeans, istilah raw denim ini lebih diperuntukkan terhadap produk yang sudah jadi, celana jeans atau jacket jeans contohnya.

     
     
    Dalam proses pembuatan produknya, raw denim ini tidak melalui proses pencucian atau pemutihan, pelunturan terhadap bahan tersebut. Bahan raw denim ini biasanya memiliki tekstur yang kasar dan kaku dari raw denim ini yaitu durability yang kuat, terlebih jika bahan denim tersebut 17 sampai 21 oz, bisa 3 sampai dengan 4 tahun. Selain itu juga memiliki warna yang solid, sehingga untuk yang mencintai style dengan warna-warna yang monochrome atau simple, raw denim ini bisa jadi pilihan tepat.
     
     

    Uniknya jika kamu sering pakai dan beraktifitas akan menimbulkan pemudaran yang alami atau natural di bagian belakang lutut atau yang biasa disebut Honey Combs, area sekitar paha atau Whisker menjadikan warna pada bagian tersebut kontras dengan warna biru di bagian lainnya. 

     
  • Washed Denim

  • Berbeda dengan raw denim, washed denim ini lebih dinamis. Bahan ini sendiri sudah pasti melewati proses pencucian, adapun proses laser, pemutihan atau pelunturan pada bagian-bagian tertentu.

    Dari tekstur bahan washed denim ini lebih lembut, tidak kaku, terhitung nyaman jika dikenakan. Namun dari segi durabilitas tidak sama kuat dengan Raw denim dikarenakan sudah banyak melewati proses terhadap bahan ini. Dari segi warna pun untuk bahan washed denim ini lebih mencolok atau terang. Denim bahan ini lebih disukai oleh kalangan umum karena lebih praktis dan tidak perlu perawatan khusus.
    Adapun hasil wash jeans yang fokus pada beberapa titik tertentu seperti bagian whiskers, honeycombs dan leg opening.

    Dari kedua jenis tersebut mana yang lebih sesuai dengan style kamu? Mudah-mudahan bisa memberi pencerahan dalam menentukan pilihan jeans kamu.

    Shop now