Selvedge atau non-selvedge, mana yang lebih baik?

Bagi Denimhead istilah selvedge sudah tidak asing ditelinga, bahan jeans yang memiliki tepian dengan hasil yang rapi dan tidak terurai serta ciri khas garis merah ini lahir di tahun 1950’an. Terbuat dari mesin shuttle loom tua yang dari segi produksi cukup memakan waktu lama juga permintaan produksi dengan jumlah besar yang membuat mesin tersebut mulai bergeser keberadaannya. Dari kejadian tersebut, mesin-mesin tradisional shuttle loom dari negeri Paman Sam ini diimpor ke Jepang dan menjadi mesin utama para penggiat serta produsen denim Jepang yang kini memberi pengaruh atau influence besar kepada denimheads khususnya Indonesia. 


Itu juga yang menjadi faktor kenapa selvedge denim menjadi mahal, selain pembuatannya yang sedikit spesial baik dari bahan serta mesin yang digunakan, selvedge denim juga memiliki finishing output yang sangat rapih serta berat atau oz yang variatif mulai dari yang ringan 14oz hingga 32oz, tidak menutup kemungkinan bahan denim non selvedge juga melahirkan oz dengan varian ringan hingga berat tetapi mayoritas selvedge denim masih di atas angin. Jika Jepang menjadi produsen dengan oz yang berat, unik dan kaku, para produsen denim di luar Jepang seperti Amerika umumnya memproduksi denim dengan oz ringan serta bahan yang lebih lembut.


Mungkin untuk para pengguna jeans casual,pilihan non-selvedge masih digemari selain tidak melihat history dari bahan tersebut bahan denim ini lebih ramah dan mudah dikenakan oleh pemakainya, ini menjadi nilai plus dari produk jeans non-selvedge. Dari segi bahan tentu saja bahan non-selvedge ini tidak serapat dan serapih bahan selvedge contohnya bagian benang serta bagian tepian pada setiap lembaran denim. 


Secara kasatmata, baik warna, bentuk tidak ada perbedaan namun jika menyentuh sisi luar dan sisi dalam denim selvedge maka kalian bisa menemukan perbedaan pada tekstur, jahitan yang lebih rapat dan warna yang lebih solid, itulah beberapa faktor yang membuat denim selvedge lebih superior dibanding non-selvedge. Jadi, kalian tim mana? Selvedge atau non-selvedge?

Shop now